BOX REDAKSI


Koran Cirebon Group


Diterbitkan Oleh :PT. ARJUNA TARUNAKARYA

Berdasarkan : UU No. 40. Tentang PERS

Oleh : YAYASAN JASMINE PERSADA INDONESIA

SK. Menkumham : No. AHU : 00283.50.102014

SK Pendirian :Akta No. 15 Tanggal 17-04-2014





Pendiri : Agus Manurung, SE.SH.MH., Asih Mintarsih / Firda


Penasihat : Agus Manurung, SE.SH.MH., Dr. H. Diding Syafrudin


Penasihat Hukum : Agus Manurung, SE.SH.MH., Dr. H. Dr.Lusia Sulastri S.H.M.H (Jasmine)


Pemimpin Umum : Darma Kusuma


Pemimpin Perusahaan : Asih Mintarsih


Pemimpin RedaksI : Muhadi


Wakil Pemimpin RedaksI : Nurhendi


Dewan Redaksi : Dr. H. Diding Syarifudin H. Darma Kusuma, Wastija, Ferry Rusdiono, Brigjen Pol (P) DRS. A. Rusno Prihardito , Rudi, Wagi Altasya, Ating


Redaktur : Agus Budiman


Editor : Nurrudin


Korlap : Agus Tri, Rukma Hermada


Sekertaris Redaksi : Mala Sari Wangi


Bendahara Redaksi : Valeriana Ernowo


Staff Redaksi : Muali, Andri, Rendy Setiawan, Shidiq Wibisono, Showadi, Nurkaman SH, Betran Ernowo, Rizqin, Ahmad Yani, Khaerunisa


Pemasaran : Renaldo Ernowo SE


Layout : Jegrog


Kaperwil Jabodetabek : Amos Mainase


Kaperwil Jateng :


Korwil : Nurzaman


Korwil Lampung :


Investigasi : Suswantoro, Dias Kusuma .


KABIRO KORAN CIREBON


Kota Cirebon : Piem Apriyanto


Kabupaten Cirebon : Reynaldi


Cirebon Timur : Dasuki


Cirebon Utara : Supriyadi


Cirebon Barat : Diding .


Indramayu : Agus Suherman


Kuningan :


Majalengka : Dede Sukmara,


Cimahi :


Bali : Neti herawati SE


Subang : Gusman


Garut : Beni Nugraha AMD.KD


Bengkulu : Desmi Herawati


Lampung Utara : Yusniaty / Okti


Tegal :



Brebes :


WARTAWAN KORAN CIREBON


Kota Cirebon :Tatang, Godrianto, Dodi Agustian


Kab. Cirebon :Agus Irnawan, Suparman, Safitri, Sulaeman


Subang :Arthur


Kuningan :


Majalengka : .


Indramayu :


Jabodetabek : Hendra, Martin LS


Jawa Tengah :


Jakarta (Wilayah Liputan KPK, Kementerian dll) : Feri Rusdiono

Jakarta : Fitri Herliani


Bandung : Jamaludin


Cimahi :


Bekasi : Siti Sarah


Bengkulu :

Cianjur : Moh. Arfin Yusuf

No. Rek BRI : 4130-01-012390-53-1

Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan :

Jl. Sudirman - Perumahan Taman Kota Ciperna Blok B.2 Kav 1-2 Ciperna - Kec. Talun Kab. Cirebon

Telp : 0895 7087 71888 - 0821 1776 2817

Percetakan : CV. Angkasa & Brother

Isi di luar tanggung jawab percetakan

Pengiriman Berita :redaksikorancirebon@gmail.com

koranecirebon@gmail.com

Iklan dan Pemasaran :

Navigation
Berita Terkini // Lihat Semua 

Ketua Panwascam Ligung Siaga Penuh Dalam Pengawasan di Semua Tingkatan dan Tahapan Pemilu 2024.

    MAJALENGKA, Koran Cirebon.Berjalan Setahun sudah Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Ligung (Panwascam) resmi bertugas dan melakukan pengawasan terhadap tahapan Pemilu serentak 2024. Sepanjang itu pula tugas pengawasan telah dilakukan, baik oleh Panwascam ataupun juga Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). Banyak suka dan duka Berbagai Problema dialami oleh personil pengawas dalam melaksqnakanTugas tugas ke pengawasan. Namun walaupun demikian semua pengawas baik itu PKD ataupun juga Panwascam Ligung menjalankan tugasnya itu dengan rasa tanggung jawab dan Sangat Hakiki.

Hal ini disampaikan Ketua Panwascam Ligung Munadi, di Damping Ena Suryana selaku Kordiv Hukum Pencegahan Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (HP2HM), dan Joharul Aripin Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PPPS), dalam konferensi pers yang dilakukan pada Selasa (19/12/2023.

Dalam konferensi Pers tersebut Ketua Panwascam Ligung menegaskan bahwa pihaknya  selama ini telah melakukan tugas tugas pengawasan di semua tahapan pemilu. Mulai pengawasan terhadap pendataan pemilih atau coklit, pengawasan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan, pengawasan pemasangan Alat Peraga Sosialisasi (APS), pengawasan Alat Peraga Kampanye (APK),  sampai kepada pengawasan kampanyeu para Peserta Pemilu, yang saat ini tengah berjalan dan akan berakhir sampai dengan 10 Februari 2024 mendatang.

Masih dikatakan Ketua Panwascam Ligung, selama ini pengawasan Pemilu di Kecamatan Ligung masih tergolong kondusif, dalam arti pengawas baik PKD maupun Panwascam Ligung belum menemukan pelanggaran yang terlalu mencolok yang dilakukanya oleh peserta pemilu. Dan Rata rata pelanggaran masih di dominasi oleh pelanggaran dalam hal pemasangan APK. Mereka para caleg, timses ataupun relawan kadang kala masih ditemukan memasang  APK di tempat terlarang seperti di area wilayah militer.

"Pelanggaran oleh para peserta pemilu atau caleg rata rata di saat pemasangan APK. Mereka masih juga ada yang memasangnya di area militer AU seperti di jalan utama  Lanud S.Sukani. padahal baik Panwascam maupun PKD sudah sering memberikan arahan agar APK jangan dipasang di area militer," pungkas Ketua Panwascam Ligung.

Di tempat  yang sama Ena Suryana selaku Kordiv HP2HM menambakan, selama ini pihaknya sering menerima keluhan dari pihak Lanud S.Sukani, yang masih  menjumpai APK terpasang di wilayah militer. Tapi Alhamdulillah berkat kerjasama dan komunikasi dengan pihak terkait semua APK yang melanggar bisa segera di tertibkan.

"Dalam hal ini Panwascam berkomunikasi dengan Satpol PP Kecamatan Ligung untuk segera menindaklanjutinya. Dan sekarang area militer Lanud S.Sukani terbebas dari pemasangan APK,," Pungkas Ena singkat.

Sedangkan Joharul Aripin selaku Kordiv PPPS menyampaikan, bahwa selama ini pengawasan di Kecamatan Ligung berjalan sesuai aturan yang ada. Pihaknya selalu mewanti wanti kepada PKD dalam menjalankan tugas pengawasan agar selalu berpedoman terhadap PKPU dan Perbawaslu. Sehingga dalam melakukan pengawasan kita tidak melenceng dari aturan yang ada.

"Setiap minggu kami berkumpul di Sekretariat Panwascam Ligung dengan para PKD untuk melakukan evaluasi dan diskusi. Dari evaluasi ini kami bisa saling sharing atau bertukar pikiran terkait pengawasan di lapangan, sehingga pengawasan pemilu di Kecamatan Ligung berjalan sesuai apa yang diharapkan," ujar Johar sapaan akrabnya.

Masih dikatakannya, dalam Pemilu 2024 ini, pengawas mengedepankan CAT, yakni Cegah, Awasi, dan Tindak.

"Kami selaku pengawas mengedepankan pencegahan sebelum melakukan penindakan. Semakin ketat pengawas melakukan pencegahan, maka akan semakin sedikit pelanggaran yang kami temukan," pungkasnya singkat.

(Firda Asih)

Banner

Post A Comment: